Jenis-jenis Rokok Unik Khas Indonesia

     Rokok telah mengakar kuat dalam tradisi dan budaya masyarakat indonesia selama beratus-ratus tahun, sehingga telah memunculkan berbagai jenis rokok sesuai dengan daerah dan keadaan alamnya masing-masing daerah. Inilah Jenis-jenis rokok unik khas indonesia...

1. Rokok Klobot

http://masjiwopogog.wordpress.com

     Rokok Klobot yaitu jenis rokok dimana tembakau dilinting/dibungkus dengan menggunakan kulit jagung kering yang dalam bahasa jawa disebut "klobot".

2. Rokok Kawung


     Jenis ini menggunakan pucuk daun dari pohon aren yang masih kuncup (janur) sebagai bahan pembungkus rokok. 

3. Cerutu

http://arcomsoekarno.blogspot.com
     Cerutu gulungan utuh daun tembakau yang dikeringkan dan difermentasikan, sehingga rokok ini pembungkusnya terbuat dari daun tembakau itu sendiri. Salah satu sentra pembuatan cerutu di Indonesia ada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

4. Rokok Kretek

http://www.pdk.or.id
     Rokok kretek adalah rokok yang menggunakan tembakau asli yang dikeringkan, dipadukan dengan saus cengkeh dan saat dihisap terdengar bunyi kretek-kretek dari bara api sehingga menjadi asal-usul dari jenis rokok ini. Rokok kretek berbeda dengan rokok yang menggunakan tembakau buatan. Kisah kretek bermula dari kota Kudus. Tak jelas memang asal-usul yang akurat tentang rokok kretek. Menurut kisah yang hidup dikalangan para pekerja pabrik rokok, riwayat kretek bermula dari penemuan Haji Djamari pada kurun waktu sekitar akhir abad ke-19. Awalnya, penduduk asli Kudus ini merasa sakit pada bagian dada. Ia lalu mengoleskan minyak cengkeh. Setelah itu, sakitnya pun reda. Djamari lantas bereksperimen merajang cengkeh dan mencampurnya dengan tembakau untuk dilinting menjadi rokok

5. Rokok Klembak

http://baltyra.com
     Rokok ini bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.

Previous
Next Post »