7 Fakta Unik tentang Kota Jakarta

1. Di dunia internasional Jakarta mempunyai julukan seperti J-Town atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (dengan julukan Big Apple) di Indonesia.


2. Jakarta telah 4 kali berganti nama yaitu Sunda Kelapa (397–1527), Jayakarta (1527–1619), Batavia (1619–1942), dan Djakarta/Jakarta (1942–Sekarang).

Peta Kuno Batavia
3. Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan menempati urutan kedua di dunia.

4. Pada periode 2009-2012, pembangunan gedung-gedung pencakar langit (di atas 150 meter) di Jakarta mencapai 87,5%. Hal ini telah menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan pencakar langit tercepat di dunia. Pada tahun 2020, diperkirakan jumlah pencakar langit di Jakarta akan mencapai 250 unit. Dan pada saat itu Jakarta telah memiliki gedung tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 638 meter, yaitu The Signature Tower.
Rancangan The Signature Tower (http://www.skyscrapercity.com)
5. Jakarta memiliki nama-nama pasar sesuai dengan nama hari dalam sepekan. Namun dari nama-nama hari itu termasuk Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo, dan Pasar Jumat, dan kini menjadi nama sebuah daerah. Sementara, Pasar Selasa, Pasar Kamis, dan Pasar Sabtu, tidak terdengar lagi, konon karena terkalahkan oleh nama daerah.

6. Jakarta merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia. Pada tahun 2010, lima wilayah kota di Jakarta meraih penghargaan Bangun Praja kategori "Kota Terbersih dan Terindah di Indonesia" (dulu disebut Adipura). Salah satu faktor penentu keberhasilan tersebut adalah keberadaan kawasan Menteng dan Kebayoran Baru yang asri dan bersih.

7. Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Saat ini, lebih dari 70% uang negara Indonesia beredar di Jakarta.

Previous
Next Post »