kamus besar bahasa palembang edisi ke 2 revisi lengkap+keterangan+aksara palembang

Bahasa Palembang adalah bahasa yang dipertuturkan oleh masyarakat bangsa Palembang dengan jumlah penutur asli diperkirakan 500.000 orang.


Bahasa Palembang mempunyai lima tingkatan, yaitu Baso Pelembang alus atau bebaso atau bisa juga disebut sebagai bahasa palembang rakitan {karena terkenal dengan ketidakasliannya dan kepalsuannya} Baso Pelembang sari-sari {nah ini baru agak asli} baso palembang gaul {biasanya bahasa ini agak asli tapi di pengaruhi oleh kata kata gaul atau kata kata dalam bahasa inggris biasannya di pakai oleh anak muda} dan baso palembang-palembangan {bahasa ini bener bener gak sesuai dengan kaidah bahasa palembang yang berlaku contohnya aku ini dak biso padahal yang bener itu aku nii dak pacak} dan baso palembang murni {bahasa ini di gunakan sebelum kerajaan sriwijaya baru berdiri {maksudnya dari abad 2sm hingga tahun 11masehi sebelum kerajaan srwijaya jadi milik orang jawa namun bahasa ini sudah punah!} . Baso Pelembang alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara adat. Bahasa ini mempunyai kemiripan dengan bahasa Jawa {heran saya padahal kan orang orang jawa itu musuhnya orang orang palembang} karena adanya hubungan  ketololan raja Kerajaan Sriwijaya baru dan Kesultanan Palembang Darussalam dengan kerajaan di pulau Jawo bekak. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.  banyak jiplaknya di bandingkan kata aslinya {heran saya kok bisa ya????????????} dan baru pertama kali saya menyadari bahwa bahasa halusnya JIPLAK MEMALUKAN SEKALI!!!!!!!!!!!!!!!!!! {di mana mana bahasa asli itu asli dan gak jiplak juga susah di pelajari eh?????????? malah sama orang orang gak bertanggung jawab di rubah seenak jidat palak nenek moyang dia} pokonya saya enggan menggunakan bahasa rakitan alus bebaso tolol buatan orang jawa sok sok di bilang baso alus palembang {HIH SEREM RAKITAN KW LAGI} huh gak kretaif makanya otak itu tarok di otak bukan di dengkul ah? gimana sih!
Sementara itu, baso sehari-hari dipergunakan oleh uwong Palembang dan merupakan salah satu dialek bahasa Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang biasanya mencampurkan bahasa ini dan bahasa Indonesia (pemilihan kata berdasarkan kondisi dan koherensi) sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.{ini baru mantap ga kayak bahasa rakitan sok-sok halus di atas}

baso palembang gaul adalah sebuah baso yang biasa di gunakan oleh anak muda dan perkotaan di luar wilayah bangsa palembang bahasa ini sama aja di kayak bahasa sehari hari cuman kadang kadang di campur dengan kata kata gaul atau kata kata dalam bahasa inggris atau bahkan bahasa lainnya {contoh what kau kenapo tu} {contoh 2 jingok tu elephantnyo besak nian} atau {contoh 3 uwong jawo tu FUCK!}

baso palembang-palembangan merupakan bahasa yang bener bener gak sesuai dengan kaidah perbahasaan palembang yang baik dan benar {contoh aku udah biso} jelas jelas kalimat tadi gak sesuai dengan bahas apalembang yang baik dan benar

baso palembang murni merupakan sebuah bahasa yang telah punah dan sudah ada ssejak jaman nenek moyang saya bukan kamu {meskipun kita berdua punnya nenek moyang awal yang sama} tapi ini nenek moyang orang palembang OK jadi bahasa ini di gunakan oleh nenek moyang saya untuk berbicara sehari hari dan juga untuk berkomunikasi namun sayang bahasa ini sudah punah {atau mungkin kita bisa memurnikan bahasa ini lagi seperti zaman kejayaanya dulu} 
Bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa daerah di provinsi sekitarnya, seperti JambiBengkulu bahkan provinsi di lampung (dengan intonasi dan aksen yang hampir sama). Di Jambi  lampung Bengkulu, akhiran 'a' pada kosakata bahasa Indonesia biasanya diubah menjadi 'o'.
Dalam bahasa Palembang, awalan me- seringkali tidak diucapkan. Misalnya:
  • Jingok (lihat) bila diberi awalan me- akan menjadi "nyingok" bukan menjingok.
  • Goco (pukul) bila diberi awalan me- akan menjadi "ngoco" bukan menggoco.
Di bawah ini adalah beberapa kata dalam bahasa palembang dan artinya dalam bahasa Indonesia dan juga demikian sebaliknya ok kita mulai dari kata indonesia ke kata palembang 
eit tunggu dulu aksara adalah hal yang penting namun aksara ini sudah punah dan tidak ditemukan sampai sekarang {ane sedih ehhehehehhehehehhehehhehehehhe}

ok kita mulai sekarang
A. 
ada: katik {bisa juga ado untuk menambah kekayaan bahasa dan seni} {contoh apo! dak katik celano kau nii}
asal: asak {contoh asak kau tau baso palembang nii dak katik hubungannyo samo baso jawo}
air: ayo {contoh haus nak ayo aku nii nii lah aku enjuk kau ayo glek glek glek glek ah lemak nian}
anak: budak {contohnya hais budak budak nii}
akan: bakal {aku bakalan jingok uwong utan di umo binatang}
ayo: laju {contoh laju mekot aku yas ke pos dak katik pos oy  PALAK KAU DAK KATIK POS}
ayo 2: payo di gunakan sebagai kata ayo ke 2 dalam bahasa palembang {contoh payo lah mekot aku yas}
ayo 3: peh la sama aja kayak di atas cuman ini yang ketiga {contoh peh la mekot aku}
atas pucuk {contohnya pucuk kau tu kenapo? pucuk kau tu kenapo! pucuk kau tu kenapo!!!!!!!!!!! dak katik apo apo eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek pingsan}
angkot: oplet {contohnya nak kemano mad aku nak ke pasak naik angkot samo marwan dan rahman}
anjing: kuyuk {contohnya ah gancang lari yas ado kuyuk!!!!!!!!!!!!} 
ambil: ambek {contoh ambek lah yas ambek}
anak haram: kampang {jangan sekali kali di ucapin khusus 20+ kata ini emrupakan kata jorok yang sudah tersebar ke hampir seluruh wilayah indonesia bahkan juga di jiplak loh oleh orang jawa hehehehhehehehehehehhehehehe} {contohnya KAMP????NG JALAT KAU NII}
selain kata ini semua yang di awali a dalam bahasa indonesia di ucapin biasa aja

B. 
besar: besak {contoh besak nian jabo terasnyo}
bahasa: baso {contoh baso kau nii apo lah dak murni tu baso bukan baso palembang tapi baso jawo hahahahhahahhahahhahahhahahhahahaha}
bagaimana: cak mano {contoh cak mano nii pr MTK aku dak pacak oh aku nii pacak hehehehehehehe aku nii calak nian heleh kau tu dak calak calak nian lah}
bodoh: buyan {contoh buyan nian kau nii}
berantem: belago {contohnya belago bae tubu nii OK siapo takut}
bagus: cindo {cindo bisa di gunakan untuk menyebut orang cantik atau menyebut barang bagus tapi orang palembang lebih suka menggunakan kata bagus daripada cindo} {contoh cindo
besar perkataan: besak kelakar {contoh besak kelakar bae kau tu}
bekerja: begawi {contoh begawi abe dak pacak yas yas}
budak: pacal {contoh kau tu budak aku lah}
berantem 2: begoco kata lain dari berantem dalam bahasa palembang {contoh begoco bae kito}
bodoh 2: bengak merupakan kata lain dari bodoh dalam bahasa palembang {contoh bengak kau nii}
bawa: batak {bukan batak itu loh tapi ini kata} {contoh kau batak apo mmmmhhhhhhhh eh ao aku lupho}
bertengkar lewat mulut: {atau adu mulut juga boleh} bebala {contoh kau nii bebala bae samo ayuk kau tau kamok nii sedulur}
bibi: bi cik {contoh bi cik di mano rumahnyo oh di sano kenapo? dak ucak ucak bae apo!}
berusaha: {bersusah susah juga boleh} berujo {contohnya berujo lah kau tu berujo lah dak katik hasil be}
bangkai: buntang {contoh ah ado buntang tikus!}
bodoh 3: lolo sama seperti kata bodoh dalam bahasa indonesia {contoh kau nii lolo nian lah}
belum: lum {contohnya kau lah nedo lum?}
bagaimana 2: makmano sama seperti yang di jelaskan di atas {contohnya makmno nii}
batal: urung {contoh dang lah aku urungke bae}
bolong: tebuk {contoh celano kau tu tebuk yas ah mano mad kau nii ucak ucak bae yas}
bandel: teka {contoh teka nian kau nii wan}
bisa: pacak {contohnya lah pacak lum? man}
bapak: bak {contohnya bak aku nak nedo selam oh dak papo kagek bak buatken OK!}
berteriak: mekik-mekik {contohnya mekik-mekik bae nii uwong gilo ah!}
benar: eder {tapi kata ini agak jarang digunakan karena pengucapan kata ini yang sulit}{contohnya kau tu dak tau yang mano yang eder yang mano yangs salah}
bukan: kanyo {kata ini jarang di gunakan karena sulit di ucapkan sehari hari} {contoh kanyo aku yas kau tu}
baju: kelambi {contoh kelambi kau tu lah dak stuluk lagi samo kau}
bengkok: mengot {kata ini sudah menyebar luas di kalangan anak muda dan orang gaul di beberapa daerah di indonesia} {contoh aih lah mengot nii besi}
bergaya: mentek {contoh mentek nian kau nii}
bergurau: penesan {contoh penesan bae yas}
berbentuk tak sempurna: semekuk {contohnya dih semekuk nian nii puding}
bandel: teka {contoh kau nii teka nian}
baik hati: royal {contoh royal nian kau nii}
bertamu: sanjoi {contohnya sanjo kito! kemano? ke rumah gilang lah} 
bawa 2: gawak {kata ini lebih komunikatif dan lebih jelas daripada batak karena mungkin aja kita keliru menyebutikan kata batak jadi kata ini lebih enak digunakan} {contohnya gawak sini dio tu}
bohong: ngotaki {contohnya kau nii ngotaki aku dasar penyunkan nii budak!!!!!!!!!!}
bohong 2: ngolaki {contohnya kau nii ngolaki kau kito nii kan sekawan} 
biasa: biaso {cak me ini biaso bae lah}
bergaya: mentek {contohnya mentek nian kau nii YUDHISTIRA DUTA SANDIKA!!!!!!!!!!!!!!!!! lanjaki hidup uwong terus dak katik gawian}
buaya: buayo {contohnya buayo di sungai musi tu besak-besak nian}
kalok gak ada katanya di sini tandanya sama aja kaayak di bahasa indonesia yang kata palembangnya di awali dengan b

C. 
cara: caro {contohnya cak mano nii caronyo yas}
cari: cakak {contohnya aku nak cakak ekar aku mad}
cucu: cucung {contohnya cucung kau lah balin nas}
cepat: gancang {namun orang palembang lebih sering menggunakan kata cepat daripada kata gancang yah mungkin kaena lebih enak di ucapintapi kagak apa apa karena tidak menyalahi aturan bahasa palembang yang baik dan benar} {contohnya gancang yas gancang ado kuyuk nak cokot tubu YAS!}
cerewet: nyenyes {contoh nyenyes nian kau nii}
curang: sekewet {contoh kau nii sekewet nian ah!}
sama aja kayak tadi kalok gak ada
cantik: cindo {kalok kata ini lebih sering di capkan sebagai cantik daripada bagus} {contoh cindo nian kau nii}
cerai: sarak {contohnya sarak bae kito nii dak katik manfaat be} 
cocok: stolok {biasanya dipakai oleh orang pegagan} {contohnya dak stolok lagi mad dak stolok}
celana: celano {contohnya celano kau nii dak stolok ya}
cerdik: calak {contohnya calak nian budak nii} 
cina: cino {contonya dih uwong cino tu mato dio sipit nian}

D. 
dulu: deken {contohnya zaman deken palembang nii bangso yang besak nian}
dulu 2: kudai {contohnya eh kudai di jeramba tu ado uwong bunuh suwangnyo sendiri}{maksudnya bunuh diri}
dompet: klepeh {contohnya apo! klepeh aku lengit!}
dorong: julak {contohnya julak reznov julak}
dalam: jero {contohnya dih jero nian}
dua: duo {contohnya sikok duo tigo ompat limo enem tujeh lapen bilan sikokpuluh}
dinding: gede{contoh uwong mati tu katik gede namonyo bahsyar gede nii ngejago supayo uwong uwong nii dak pacak jabo!}
delapan: lapen {contohnya sikok duo tigo ompat limo enem tujeh lapen bilan sikokpuluh}
dua belas: duolas {contohnya aku nii dapet duolas! wah lihai nian kau man lihai lah siapo kedai rahman!}
delapan belas: lapenbelas {contoh lapenbelas yas}
delapan puluh: lapenpuluh {lapenpuluh man lapenpuluh}
dua puluh: duopuluh {contohnya duopluh yas rekr aku duopuluh}
dunia: dunio 
sama seperti di atas kalok gak ada

E. 
elang: lang {contohnya yas elang baru aku nii kau dak katik yo!}
empat: ompat {contohnya ado ompat ayam tambah enem jadinyo sikokpuluh lah}
enam: enem {contohnya sikok tambah enem jadinyo tujeh}
enak: lemak {contoh lemak nian selam nii}

F. 
kagak ada mah huruf ini di transliterasi indonesia palembang demikian sebaliknya karena mungkin saja orang palembang zaman dahulunya kagak mengenal huruf vokal F

G. 
gila: gilo {contohnya kau uwong kito GILO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!}
gula: gulo {contohnya gulo nii berapo sekilo? 5.000 bae murah nian? murah lah kau nii teman aku!}
gerah: umep {contoh GILO! umep nian sabar yasa sabar uwong sabar di sayang tuhan}
ganti baju: salin atau besalin {salin itu biasanya di pakai kalau sudah lampau sementara besalin biasanya untuk menyuruh orang ganti baju atau kitanya yang lagi ganti baju atau pingin ganti baju} {contohnya lah salin kau yas?}
gawat: basa {contohnya basa basa basa ado harimau basa basa basa}
gigit: cokot {contohnya awas kagek kau di cokot kuyuk rasonyo mmmmmmm lemak nian}
guna: guno {contohnya benda nii gunonyo banyak nian}
gendang: tetabuan {bisa untuk semua alat musik} {contoh tetabuan tu cindo nian} 

H. 
hilang: lenget {contohnya lah lenget  yas aku dak pacak lagi cakaknyo}
hilang 2: kelam {contohnya lah kelam mobil aku di maleng uwong}
hanya: panto {contohnya aku nii panto nii bae yas dak katik apo apo lagi aku}
habis: rese {contohnya maaf yas lah rese APO!}
hantam: terajang {contohnya terajang bae dio tu wan OK!} 
heboh: siru {contohnya siru nian nii kenapo? ado uwong ngijakken ketingnyo di bulan APO!}

I. 
ikan: ???????????? {ah maleslah bahas yang satu ini belum nemeukan alternatif yang lain}
ini: nii {tapi kadang kadang bisa berubah jadi ini misalkan cak me ini mak ini ari} {contohnya jeramba nii punyo aku mad}
itu: tu {sama seperti kata nii kata ini juga bisa berubah seperti yang di atas misal cak me itu} {contoh tu rumah aku den OH!}
ini 2: ikak {kata ini biasanya di tempatkan diakhir predikat} {contohnya neh budak ikak}
iya: ao {bisa juga iyo tapi saya lebih suka makek ao} {contohnya ao ao ao}
ikut: mekot {contoh aku nak mekot yasa kau nii cak me ini bae}
india: indio {tapi kayaknya jarang ada orang palembang nyebut india sebagai indio} {contohnya dih adat indio tu dak bermoral nian}

J. 
jembatan: jermaba {contoh hahahhahahahha ni jermaba buruk nian}
jelek: buruk {contoh ih buruk nian}
jatuh: campak {contoh campak kagek kau cak me itu}
juga: jugo {contohnya kau nii jugo cak me ini}
jaga: jago {contohnya jago nii jago baik baik}
jago: gandean {contohnya gandean nian kau nii yas}
jatuh: campak {contohnya lah campak sokor!}
jinjing: cangking {contohnya kau lah katik dak komputer cangking maksudnya laptop}
jawa; jawo {contohnya dih budak jawo!}
janda: jando {contohnya ih jando mudo}

K. 
kemana: kemano {contoh kemano kau tu}
kayak mana: cak mano {contoh cak mano nii}
kebun: umo [contoh nah nii umo aku}
kata: kato {contoh kato kau aku nii PILAT!}
kita: tubu {kata ini sangat spesial karena bisa digunakan untuk saya kita dan kami tapi lebih sering digunakan untuk kita dan kami} {contoh tubu nii sedulur}
kita 2: kito {contohnya uwong kito galoh}
kepala: palak {contoh palak kau tu yas dak belagak nian}
kelapa: kelapo {contoh ayo kelapo nii sedap dan lemak nian yas}
kutang: bh {wkwkkwkwkkwkwkkw dimana mana pasti bh} {contoh bh kau tu dak belagak wi kau nii yas}
keluar: metu {contoh aku metu abe yas aku dak pacak}
karena: kareno {contoh kareno kau tu lah}
karena 2: lantak {kata ini jarang digunakan karena kurang komunikatif} {contoh lantak kau aku nii cak me ini}
kupas: kocek {contohnya kocek nii yas kocek}
kelereng: ekar {contohnya
kolam: kambang {contohnya kambang kau nii kecik nian}
kabut: dukhan {sama aja kayak asap} {contohnya ah dukhan nii banyak nian}
kecewa: cughak {contohnya aku cugak samo kau kau jahat dak royal hehehhehehehehhe}
kecil: kecik {contohnya dih kecik nian}
kaki: keting {contohnya keting kau kenapo tu}
keluar:  metu {contohnya metu kau METU!}
kelamaan menunggu: tekacip {contohnya kau nii tekacip nian}
kenapa: kenapo {contohnya kenapo nii kenapo kau cak me ini}
kalau : aman {contohnya aman kau metu dang lupo kau nedo! ao mak!}
kalau 2: lamun {merupakan bahasa jiplak dari lampung tapi gak appalah orang palembang sama orang lampung kan agak akrab lagipula orang palembang jarang jiplak kata dari orang lampung kata ini biasa digunakan oleh orang orang pegagan} {contohnya lamun palembang lah ngamuk pacak ngancur dunio}
kalau 3: amun {kata ini agak sedikit menceng dari kata ke 1} {contohnya amun kau ke sano gawakke aku pempek}
kalau 4: ame {biasa digunakan oleh orang orang pasemah} {contohnya ame slogan kite nii uwong kite galeh}
kena: keno {contohnya aku lah keno AK 47} 
kereta: separ {contohnya separ nii gancang nian}
keinginan : kehendak {ais kayak gini mah sama aja cuman beda katanya doang sama artinya} {contohnya kehendak aku nii aku nak jadi uwong pertamo yang injak keting aku di bulan kau lah telat neil amstrong lah injakken ketingnyo di bulan APO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!}
kira: kiro {contonya aku kiro kau nii uwong biaso be tapi kau nii gancang nian!}
kunci: kancing {contohnya kancing tu pintu din!}
kaya: kayo {kayo rayo kito nii URA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!}
kencing: kemek {contohnya nak kemek aku nii}

L.
luar: jabo {contohnya luar kito nii ado harimau ih serem nian}
lihat: jingok {contohnya jingok tu ado hiu paus wah!!!!!!!!!!!!!!! besak nian}
lempar: untal {contoh untalke bae lading kau tu yas AO!!!!!!!!!!!!!!1}
lompat: nganjok {contohnya nganjok lah yas kato kau kau galak nedo kelapo! shuuut diam bae kau tu}
lama: lamo {contohnya lamo nian kau nii}
lupa: lupho {bukan lali loh karena lali itu cuman di ada ada alias kagak bener dalam bahasa palembang} {contohnya aku nii lupho kagek bae ya yas}
laki laki: jantan {bukan lanang itu juga menyalahi aturan berbahasa palembang yang baik dan benar} {contohnya di dunio nii ado jantan dan ado betino}
luka: luko {contohnya luko kau tu besak nian}
lima: limo {contohnya sikok tambah limo yo enem} 
laptop: komputer cangking {contohnya kau lah ado tak komputer cangking}
lima puluh ribu: goban {contohnya goban tu banyak nian bagi budak}
libur: perei {contohnya kapan kito perei den}
lemari: gerobok {cotnohnya gerobok nii ih}

M. 
makan: nedo {contohnya nedo yas nedoan nii lemak nian}
muka: dai {contohnya dai kau tu kenapo den oh nii keno AK 47 limo kali}
mudah: geli-geli {contohnya aih cak me ini geli geli lah}
mudah sekali: geli-geli basa {contohnya aih cak me ini geli-geli basa nii}
sangat mudah sekali: geli-geli basa nian {contohnya aih cak me ini geli-geli basa nian lah}
mau: galak {contohnya aku dak galak cak me ini}
mahir: lihai {contohnya lihai nian budak nii aku nak jadi cak dio lah}
mengatakan: ngatoke {contohnya kau ngatoike aku nii kuyuk yo idak aku dak ngatoke kau}
mengejek: ngenyek {contohnya kau nii ngenyek aku bae}
menanggapi: ngagoki {contohnya aku ngagoki kau yas}
masak: umep {perlu diketahui bahwa umep merupakan salah satu kata spesial dan multiguna sama seperti tubu} {contohnya ah beras nii lah umep!}
menanak nasi: betanak {contohnya betanak lah kau tu nasi tbu nii rese}
main-main: ucak-ucak {contohnya ucak ucak bae yas}
memberi: enjuk {contohnya nih aku enjuk samo kau} 
mana: mano {contohnya mano yas mano!}
mata: mato [cotnohnya mato aku nii sakit nian}
muntah: nguwak {contohnya nak nguwak aku ngejingok dai kau hueeeeeeek}
malas: sungkan {contohnya ih sungkan nian aku}
muda: mudo {cotnohnya kau lah mudo}

N. 
nama: namo {contohnya namo kau tu siapo!}
nya: nyo {contohnya namonyo tu siapo?} 
naga: nago {contohnya nago tu besak nian}
nangka: nangko {contohnya nangko tu besak nian macam nago bae}
selain kata ini gak ada lagi kata transliterasi bahasa indonesia-palembang

O. 
orang: uwong {contohnya uwong kito galoh!!!!!!!!!!!!!!!}
selain kata ini gak ada lagi kata transliterasi bahasa indonesia-palembang

P. 
pulang: balen {bisa juga digunakan untuk ulang} {contohnya lah balen kau} 
perkataan: kelakar {kau nii besak kelakar bae}
patuk: cetuk {contohnya awas kagek kau di cetuk samo burung ayuk kau tu}
pelit: cemekean {contohnya cemekean nian kau nii goban bae kau dak nak enjuk aku}
pacar: linjangan {contohnya cie cie kau dapet linjangan cie cie}
pura-pura: ecak-ecak {contohnya ecak-ecak bae kau tu kau kiro aku nii pacak kau ngotaki!}
pelit 2: geta basa {contohnya kau nii geta basa nian}
perahu: ketek {contohnya ketek kau nii unik nian!!!!!!!!!!!!!!!!}
pisau: lading {contohnya lading mano lading}
peluang: lokak {contohnya ah lokak aku nii aku maleng dio tu}
paman: mang cek {contohnya ah mang cek apo kabar}
penjara: obak {contohnya dih obak nii buruk nianlah}
pasar: pasak {contohnya pasak nii besak nian yo wajar nii pasak ado di jakarta}
punya: punyo {contohnya nii aku punyo es krim nak dak?}
pusing: ringam {contohnya aku nii ringam nian yas! kenapo niikenapo????}
potong: tetak {contohnya tetak kuenyo tetak kuenyo tetak kuenyo sekarang jugo sekarang jugo sekarang jugo!}
panas: umep {udah saya bilang umep ini kata yang spesial loh!} {contohnya umep nian nii ari!}
peliharaan: iyup {contohnya kau nii ngiyup kucing uwong be}
pecah: sturung {contoh ih sturung tu} 

Q. 
mana ada orang palemang zaman dulu ngomong depan katanya Q

R. 
raja:: rajo {contohnya rajo kito nii hebat nian!}
rasa: raso {contohnya rasonyo nii asin nian MANTAP!!!!!!!!!!!!!!!!}
rupa: rupo {contohnya ruponyo kau nii bebala samo ilyas idak aku idak bebala samo ilyas heleh ngotaki}
rela: relo {contohnya aku idak relo kau linjangan samo dio yas kau lah punyo istri!!!!!!!!!!!!!!}
rapi: belagak {kata belagak juga spesial loh} {contohnya belagak nian umo kau rid ao lah aku lanjaki terus}
raya: rayo {contohnya kito nii kayo rayo lah!!!!!!!!!!!!!!!!!}
russia: russio {contohnya kau tau dak uwong russio tu tinggi nian}

S. 
sudah: la {contohnya dah la dak katik guno lagi}
sudah lah: dang lah {contohnya dang lah ilyas dak katik guno lagi}
siang: awan {saya nyerah untuk satu kata ini} {contohnya awan tadi tu ado kuyuk}
seperti: cak {contohnya cak mano nii}
sendal: cenila {contonya cenila nii cindo nian}
sendiri: suwang {contohnya suwang bae kau nii nak main idak? NAK!}
saudara: dulur {contohnya kato viktor reznov samo alex mason kesakitan tu saro kan................ tubu nii sedulur mason tubu nii samo DRAGOVICH KRAVCHENKO STEINER GALOH HARUS MATI! viktor reznov ngatoke samo alex mason}
suka: galak {kata ini juga spesial loh meskipun kelihatannya sepele} {contohnya aku nii galak bekerto rid}
sepeda: kereto {contohnya kereto kau tu lenget yo!}
sering: galak {sama aja kayak tadi} {contohnya kau nii galak bebala bae samo dulur kau}
semua: galoh {contohnya uwong kito galoh}
selisih: kacek {contohnya kaceknyo antara babi samo kuyuk nii tipis nian!}
senggama: kacuk-an {ditambah an kalok lagi sedang berbuat} {contohnya lau nii bekacuk bae samo istri kau tu}
sulit: saro {contohnya saro nian nii gawian yas1}
siapa; siapo {contohnya siapo tu yang kelakuannyo cak penyungkan}
serius: siyus {contohnya siyus? mi apo? mi mak kau tu!}
satu: sikok {contohnya sikok bae yas}
sembunyi: singit {contohnya singit man ado harimau!}
sebentar: sedenget {contohnya sedenget bae yo}
sombong: takoan {contohnya takoan nian kau nii}
santai: selo {contohnya selo nian kau nii GANCANG!}
sama: samo {contohnya kito nii samo bae kau tau tu}
sarung: sewet {contohnya sewet kau tu kenapo}
sepeda: kereto {contohnya kereto kau tu kenapo?????? tu lah aku dak tau}
sore: petang {contohnya lah petang peh la tubu balen kudai}
sini: sikak {contohnya sikak sikak kucing sikak}
sungai: kayik {contohnya uh kayik tu besak nian}

T. 
tutup: katup {contohnya katup tu toples}
terserah: baseng {contohnya baseng kau lah aku dak lanjaki lagi}
tampan: belagak {contohnya belagak nian kau ari nii kenapo? aku nii nak sanjo ke rumah linjangan aku hehehehhehehehhehehe}
tebak: cotang {contohnya coba cotang ado berapo nii kartu}
tetangga: jiron {contohnya ah aku katik banyak nian jiron muantap lah wkwkwkwkwkkw}
tunjuk: ngambo {cotnohnya kau nii ngambo aku bae lah ngambo tu uwong uwong tu aku dak tau}
tembak: pecik {contohnya pecikan kau tu hebat nian yas hehehhehehehhe siapo lagi kalau dak ilyas!}
tas: sangkek {contohnya sangkek kau tu cindo nian}
tidur: tiduk {contohnya uwong lah tiduk jam segini kau kapan? aku dak tau}
tusuk: tujah {kata ini lumayan populer} {contohnya aku tetujah uwong tolong aku}
terkapar: tekepor {contohnya astagfirullah hal azim ado uwong tekepor di tanah abang kemaren}
telan: teguk {kata ini juga lumayan populer} {teguk lemaknyo sprite edisi 75an hehehhehehehhehe}
tikar: kelaso {kasur juga boleh} {contohnya kelaso kau nii cindo nian!}
tempat sayur: kirik {contohnya eh kirik kau kemano}
tua: tuo {contohnya ih aku nii lah tuo}

U. 
ulang: balen {contohnya balen lah kau tu gawian kau tu dak eder lah}
unggulan: oncak {contohnya oncak nian kau nii}
untuk  unjak {tapi kata ini kedengarannya jarang dipakai karena gak komunikatif} {contohnya nii unjak kau}
ular: ulok {contohnya ado ulok lari!!!!!!!!!!!!!!!}
urus: lanjak {contohnya kau nii lanjaki hidup uwong bae}
sorak sorai kemenangan: ura {contohnya URA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! kito menang URA!!!!!!!!!!!!!!!}
untung: tuah {contohnya betuah punyo budak MANTAP!!!}

V. 
mana ada orang palembang zaman dulu makek kata v

W. 
meskipun orang palembang bisa dan tahu mengucapkan huruf W namun kagak ada transliterasi kata depannya di transliterasi indonesia-palembang

X. 
mana tahu orang palembang X

Y. 
yang benar saja: madaki {contohnya madaki kito kalah makek dukun apo dio uwong}
ya sudah: yolah {contohnya yolah yolah kau lah menang}

Z. 
mana tau orang palembang huruf Z

akhir kata 
kita semua pasti udah tahu bahwa bahasa yang baik bukanlah bahasa yang semata mata komunikatif keren gaul dan sbg tapi bahasa yang baik adalah bahasa yang memiliki kemiripan dan juga kekhasannya sendiri sendiri dengan saudara saudara seadat mungkin dialek bisa beda tapi semuanya sama {misalnya orang pasemah suka merubah kata menjadi e daripada o} jadi bahsa yang baik itu bahasa yang asli bukannya bahasa tahu tahu dapet kata entah darimana asalnya gak jelas eh tahu tahu langsung diucapin tanpa mikir terlebih dahulu eh entar entar bahsa palembang ini gak jadi asli lagi kan sayang itu aja yang bisa saya sampaikan dah ya kalok kagak puas apa gak ada sarang tolong kasih tahu aja saya nanti saya perbaharui terus kamus ini karena saya tahu kamus ini sedang dalam tahap awal tolong ya bantuannya kawan kawan di kolom komentar! ok sekarang untuk edisi ke 2 ini saya kasih bonus

nama nama keluarga dalam bahsa palembang 
bapak: bak
ibu: mak
paman: mang cek
kakak: mang
kakak kecil: mang cik
kakak perempuan: ayuk
bibi kecil: bi cik
bibi tengah: bi nga
bibi besar: bi cak
kakek: yai atau datuk
nenek: nyai
suami: domik
istri: semo
adik: ???????
mertua: ??????? {kalok kayak gini tandanya saya gak tau}



bonus aksara palembang 
nih saya kasih bonus aksara palembang {supaya orang orang tau hehe} khusus untuk edisi ke 2 revisi ini hehe 
bentuk aksara yang bener 
ka ga nga ta da na pa ba ma ca ja nya sa ra la ya wa ha mba nnga {yang betul tulisannya baca n nga atau ngga boleh} nda nyja a 
tulisannya gak bener yang bener cuman tandanya doang 
contoh penggunaan aksara palembang 
saat ini aksara palembang tidak bisa di tulis menggunakan komputer dan menjadi tugas kita bersama untuk menjaga aksara ini supaya tidak punah kan sayang 
Previous
Next Post »